Panduan Memilih Kulkas Showcase / Showcase Cooler

Showcase cooler atau biasa orang menyebutnya juga kulkas showcase, merupakan lemari pendingin yang biasa digunakan untuk menyimpan makanan atau minuman agar selalu segar, awet, namun tidak sampai membeku.

Berbeda dengan kulkas atau freezer, showcase cooler—seperti namanya—memiliki tampilan terbuka sehingga isinya mudah dilihat/ditunjukkan. Itu sebabnya showcase kerap dipakai sebagai media usaha, yaitu untuk memamerkan makanan atau minuman yang akan dijual.

Ketika memilih showcase atau display cooler, Anda harus memperhatikan beberapa komponen penting seperti ukuran, fungsi, hingga merek dari pendingin tersebut. Hal ini penting dilakukan untuk mendapatkan showcase cooler  terbaik sesuai kebutuhan Anda.

Nah, sebelum memutuskan untuk membeli showcase, alangkah baiknya jika Anda memperhatikan dulu beberapa panduan di bawah ini.

Jenis Showcase

Hal pertama yang harus Anda perhatikan saat ingin membeli showcase adalah menentukan terlebih dahulu apa sebenarnya kebutuhan Anda. Apakah untuk menyimpan minuman agar selalu dingin, untuk memajang sayur dagangan Anda agar tetap segar, atau bahkan menyimpan wine yang membutuhkan suhu penyimpanan khusus.

Pada dasarnya ada beberapa jenis showcase yang memiliki fungsi-fungsi yang berbeda. Berikut beberapa di antaranya:

Pastry Showcase,

Showcase jenis ini banyak digunakan untuk memajang kue atau produk makanan lain. Kaca showcase ini sangat jernih sehingga makanan yang dipamerkan bisa terlihat dengan jelas. Selain itu kacanya pun merupakan kaca antiembun yang tidak cepat buram walau terkena embusan angin dingin dari evaporator.

Counter-Top Showcase

Display cooler ini kerap diletakkan di dekat kasir, bentuknya tidak terlalu besar dan sering dipakai untuk memajang produk promo. Biasanya showcase jenis ini menggantung di atas sehingga memudahkan calon pembeli melihatnya dengan jelas.

Single-Door Showcase

Pemajang dengan satu pintu ini memiliki bentuk yang ramping dan memanjang ke atas. Biasanya dimanfaatkan untuk memaksimalkan ruangan yang sempit. Showcase jenis ini sedikit memiliki kekurangan, karena benda yang dipajang di bagian atas lebih sulit diambil, kecuali dengan bantuan kursi atau alat panjat lainnya.

Double-Door Showcase

Display ini biasanya digunakan untuk memaksimalkan ruangan yang melebar ke samping. Meski harganya cukup mahal dibandingkan yang lain, showcase ini memiliki kelebihan, yaitu dapat memudahkan calon pembeli memilih barang tanpa harus berjinjit

Multideck Showcase

Mesin pendingin ini merupakan rak pemajang terbuka yang tidak memiliki pintu/penutup. Biasanya digunakan untuk memajang sayuran atau minuman yang ada di supermarket. Arus udara dingin pada showcase ini berlangsung dengan baik sehingga meski tanpa pintu, apa saja yang dipajang tetap dingin dengan sempurna.

Deli Showcase

Pada dasarnya rak pajangan ini memiliki bentuk yang hampir sama dengan multideck yang tidak memiliki pintu. Hanya saja pada deli showcase, temperaturnya bisa diatur lebih rendah, sehingga bisa digunakan untuk menyimpan bahan makanan yang rentan basi tanpa membuatnya membeku, seperti misalnya produk-produk susu, keju, atau daging.

Ukuran atau Volume

Sebelum membeli showcase cooler, Anda juga harus mempertimbangkan ukuran display dan volume atau kapasitas penyimpanannya. Hal ini berkaitan dengan posisi di mana benda tersebut akan ditempatkan dan seberapa banyak barang yang akan diletakkan di dalamnya.

Bodi dan Komponen

Hal penting lain yang tidak boleh dilewatkan adalah masalah bodi dan komponennya. Sebelum membeli showcase, ada baiknya Anda memperhatikan beberapa hal berikut ini.

Pengaturan suhu.

Suhu yang dibutuhkan untuk menyimpan minuman kaleng agar tetap awet dan segar tentunya berbeda dengan temperatur untuk menyimpan sayur atau produk olahan susu.

Untuk itu pastikan agar Anda mengetahui berapa suhu yang dibutuhkan untuk menyimpan bahan makanan/minuman yang akan dipajang/dijual, serta pastikan juga bahwa showcase yang akan dibeli memiliki fitur pengaturan suhu yang cocok dengan kebutuhan Anda.

Sebagai contoh untuk menyimpan bir agar berada dalam kondisi terbaiknya yang berbusa dan setengah beku, suhu yang dibutuhkan adalah sekitar 2-6°C, jadi tidak cocok ditempatkan pada display cooler biasa yang memiliki suhu rata-rata sebesar 1-10°C.

Kekuatan rak

Fungsi utama showcase cooler adalah untuk memajang sejumlah produk agar bisa dilihat oleh orang lain. Itu sebabnya harus diperhitungkan betul jenis produk apa yang akan ditempatkan di sana, berapa banyak, dan berapa bobotnya.

 

Sebagai contoh, bahan partisi yang terbuat dari tempered glas mampu menahan beban hingga 100kg dan tahan benturan. Cocok bagi Anda yang hendak menyimpan banyak botol beling berisi cairan dengan bobot yang besar.

Jenis pintu

Perhatikan jenis pintu yang digunakan untuk showcase. Masing-masing pintu memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Misal pintu geser tidak akan memakan banyak tempat, namun kalau macet akan susah dibuka. Pintu standar mungkin memakan tempat tapi jarang sekali mengalami gangguan.

Pencahayaan

Dengan pencahayaan yang baik, produk yang disimpan akan terlihat lebih jelas dan menarik perhatian calon pembeli. Untuk itu jangan memilih showcase dengan pencahayaan redup karena produk yang dipajang bisa saja tidak terlihat dari luar.

Listrik

Showcase membutuhkan daya yang cukup banyak terlebih untuk tipe multideck atau deli. Untuk itu sesuaikan kapasitas listrik di rumah/tempat usaha Anda dengan jenis showcase yang akan dibeli.

Merek

Merek showcase cooler atau kulkas showcase, biasanya menentukan kualitas dan juga keawetannya. Untuk itu sebelum membelinya, ada baiknya Anda melakukan riset terlebih dahulu di Internet. Beberapa merek ternama yang memproduksi showcase adalah Polytron, Sharp, dan Sanken. Sedangkan untuk kelas menengahnya, Anda bisa memilih merek-merek seperti Modena, Sansio, atau Gea.

Harga

Harga showcase cooler sangat beragam tergantung dari merek, fitur, dan juga ukurannya. Semakin terkenal mereknya, semakin besar ukurannya, dan semakin lengkap fitur yang ditawarkannya, tentu saja harganya akan semakin mahal. Untuk itu pastikan Anda memilih yang paling sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan Anda.

Sebagai gambaran berikut adalah kisaran harga showcase yang ada di pasaran.

  • Untuk jenis showcase satu pintu yang memanjang ke atas, harga yang dipatok berkisar Rp2.800.000,00 hingga Rp4.500.000,00.
  • Showcase untuk jenis dua pintu yang bisa digeser ke kiri dan kanan biasanya memiliki harga Rp9.800.000,00 hingga Rp13.000.000,00.
  • Adapun Showcase dengan tipe multideck terbuka seperti di supermarket harganya jauh lebih tinggi, yaitu lebih dari Rp25.000.000,000.

Jadi, perhitungkan betul anggaran yang Anda miliki dan potensi keuntungan yang mungkin Anda dapatkan dengan membeli kulkas showcase tersebut.

Dari panduan-panduan di atas, kita bisa membuat sebuah kesimpulan bahwa sebelum memutuskan untuk membeli showcase, kita sebaiknya mempertimbangkan daya guna atau apa keperluan dari showcase tersebut.

Selain itu perhatikan juga kapasitas yang dibutuhkan dan ketersediaan ruang untuk menyimpan alat pendingin tersebut. Tidak hanya itu, fitur yang disediakan oleh showcase, seperti pengaturan suhu, material rak dan pintu kaca, serta daya listrik yang dibutuhkan juga harus dipertimbangkan agar sesuai dengan kebutuhan.

Demikian tadi panduan lengkap dalam memilih showcase cooler atau kulkas cooler. Semoga bisa dijadikan bahan rujukan dan dapat mempermudah Anda memilih showcase terbaik. Selamat berburu showcase ya.

0 Comments

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

©2017 PilihMana.ID - Review & Harga Produk Terbaru

Log in with your credentials

Forgot your details?