Memilih Coffee Maker yang Bagus Bagi Pecinta Kopi

coffee maker yang bagus

Coffee Maker. Source – flickr.com

Pecinta kopi sejati tidak cukup hanya menikmati seduhan kopi instan biasa. Mereka membutuhkan racikan kopi dengan rasa dan aroma yang kuat. Coffee maker menjadi solusi bagi mereka yang ingin menikmati kopi berkualitas kapan saja, tanpa harus repot-repot mengunjungi kafe setiap saat. Mungkin, Anda adalah salah satunya.

Jika sebelumnya Anda belum pernah membeli coffee maker, Anda akan kebingungan memilih coffee maker yang terbaik. Terbaik dalam arti paling sesuai dengan kebutuhan si pecinta kopi, selain memiliki jaminan komponen yang berkualitas. Oleh karena itu, simaklah 4 langkah berikut yang akan memandu Anda.

Tipe Coffee Maker

Coffee Brewer

Merupakan jenis yang paling sering digunakan di rumah-rumah, restoran, maupun perkantoran. Cara kerjanya pun sangat mudah. Tuangkan air ke dalam wadah mesin yang bersebelahan dengan filter. Sebelumnya, Anda bisa menakar berapa banyak air yang diinginkan dengan menggunakan teko yang tersedia.

Selanjutnya, masukkan bubuk kopi ke dalam filter. Tekan tombol on. Tetesan-tetesan kopi pun mengalir mengisi teko di bawahnya. Seteko kopi pun siap dituangkan ke dalam beberapa cangkir sekaligus.

Kelebihan coffee brewer adalah kemudahan penggunaannya, banyaknya kopi yang bisa dibuat dalam sekali waktu, harga yang terjangkau, serta tersedia dalam berbagai model, bentuk, ukuran, dan merek.

Bagi pecinta espresso, coffee brewer tidak akan memuaskan lidah mereka. Alat tersebut membuat kopi dengan cara yang standar. Coffee brewer merupakan pilihan terbaik bagi Anda yang ingin menyajikan kopi untuk orang rumah sekalian, dengan cara yang cepat dan praktis.

Single Serve Coffee Maker

Anda ingin membuat kopi setiap pagi untuk diri sendiri dengan cara yang simpel? Single serve coffee maker adalah solusinya. Jika coffee brewer menghasilkan seteko kopi, maka single serve coffee maker menghasilkan secangkir kopi untuk setiap satu kali penyajian.

Anda membutuhkan coffee pod alias bubuk kopi yang dikemas dalam cangkir plastik atau kertas. Satu coffee pod untuk satu cangkir kopi. Caranya, masukkan coffee pad dalam wadah mesin. Tuangkan air pada wadah di sisi sebelahnya.

Tempatkan cangkir di bawah mesin kopi. Tekan tombol, mesin pun menyeduh kopi dan mengalirkan minuman tersebut.

Kelebihan mesin ini adalah kemudahan penggunaan dan menghindari membuang-buang kopi yang tidak terminum. Coffee pod juga tersedia dalam berbagai varian rasa. Mesin ini cocok ditempatkan di kantor.

Kekurangannya yang merupakan hal paling fatal adalah merugikan lingkungan. Penggunaan yang terus-menerus akan menimbun sampah plastik. Lebih parah lagi jika kemasannya tidak bisa didaur ulang.

French Press

Kebalikan dari single serve coffee maker, French press adalah alat yang ramah lingkungan. Alat berbentuk gelas yang disertai penutup itu tidak membutuhkan tenaga listrik. Masukkan saja bubuk kopi ke dalam gelas, tuangkan air panas, lalu tekan cairan kopi hingga ke dasar gelas dengan tangkai penutup. Selama menuangkan air panas, ada jeda-jeda selama beberapa detik agar menghasilkan kopi dengan cita rasa terbaik.

Selain gampang digunakan, French Press juga dibanderol dengan harga yang sangat terjangkau. Kekurangannya, jika tidak pandai-pandai mengolahnya, sisa-sisa bubuk kopi akan menggenang di atas permukaannya. French press cocok untuk Anda yang suka berkreasi membuat kopi, tapi tidak cocok untuk Anda yang kerepotan menyisihkan waktu sebelum berangkat kerja.

Espresso Maker

Jika Anda serius ingin membuat kopi layaknya barista, espresso maker adalah pilihan yang tepat. Hasil seduhan mesin tersebut memiliki cita rasa yang kuat. Mesin mengalirkan kopi ke dalam teko atau ke dalam dua cangkir sekaligus. Namun, kekurangannya adalah rendahnya kuantitas kopi yang mengalir dalam sekali tarikan tuas.

Espresso maker juga bisa digunakan untuk membuat cappuccino, latte, mocca, dan macchiato. Jika ingin menghasilkan kopi yang sempurna, sebaiknya Anda menggunakan teknik-teknik khusus. Adapun harga espresso maker dibanderol sangat mahal. Namun hal itu tidak masalah bagi mereka yang memiliki minat tinggi pada kopi.

Perlu Anda Pertimbangkan

Kuantitas

Pertimbangkan berapa penghuni rumah yang juga mengonsumsi kopi, serta berapa banyak kopi yang diminum dalam sekali waktu. Pertimbangan itu memudahkan Anda menentukan jenis coffee maker yang akan dibeli. Semakin banyak jumlah orangnya, semakin Anda membutuhkan coffee brewer. Sementara itu, jenis coffee maker lainnya lebih bermanfaat untuk perseorangan.

Apa Kopi Favorit Anda?

Setiap kali mengunjungi kafe, menu kopi apa yang paling sering Anda pesan? Anda mungkin memfavoritkan cappuccino atau latte, tapi malah membeli coffee brewer karena harganya relatif murah. Masalahnya, apakah Anda akan menggunakannya sesering mungkin? Jika iya, akankah Anda menikmati kopi yang dibuat?

Sebaiknya, Anda membeli coffee maker yang menghasilkan jenis kopi yang paling Anda sukai. Amat disayangkan jika akhirnya mesin kopi tidak terpakai karena tidak sesuai dengan selera Anda.

Bujet

Berapa bujet yang Anda miliki? Anda mungkin mendapati kenyataan bahwa kopi favorit Anda dihasilkan oleh espresso machine yang sangat mahal, sedangkan uang Anda tidak cukup untuk membelinya. Barangkali, Anda bisa membeli jenis merek yang paling terjangkau, meskipun fiturnya tidak selengkap merek-merek terkenal.

Apabila bujet Anda masih tidak mencukupi, Anda bisa melirik tipe coffee maker lainnya. Namun, Anda harus memastikan untuk benar-benar menggunakannya, daripada mesin terbengkalai begitu saja.

Ruang Penyimpanan

Beberapa model coffee maker membutuhkan ruang penyimpanan yang cukup lebar. Pastikan ada ruang kosong di meja dapur Anda untuk menampungnya, atau cari coffee maker yang sesuai dengan kapasitas meja dapur Anda. Terlalu melelahkan untuk memindahkan coffee maker yang terlalu besar ke ruangan lain setiap kali usai menggunakannya.

Fitur Ekstra di Coffee Maker

Pengaturan Waktu

Masukkan dahulu bubuk kopi dan air ke dalam mesin. Atur kapan mesin akan membuat kopi, misalnya 15 menit lagi. Sementara itu, Anda bisa melakukan kegiatan lainnya. Setelah 15 menit berlalu, kopi sudah terseduh secara otomatis dan siap diminum. Sangat membantu, bukan?

Alat Penggiling

Salah satu faktor yang membuat kopi terasa nikmat yakni terbuat dari biji kopi yang baru saja digiling. Jika ingin senantiasa mencicipi cita rasa tersebut, Anda harus menggiling biji kopi dahulu setiap kali hendak mengolahnya. Memang, Anda bisa membeli mesin penggiling kopi. Tapi, jika Anda bisa membeli coffee maker yang dilengkapi dengan fitur alat penggiling, kenapa tidak?

Auto Shut Off

Kadang-kadang, seseorang terburu-buru berangkat kerja sampai lupa mematikan coffee maker-nya. Untungnya, ada beberapa produk coffee maker yang dilengkapi dengan fitur auto shut off. Fitur membuat mesin mati secara otomatis. Anda pun tidak kepikiran lagi dengan coffee maker di rumah sementara sedang bekerja.

Penghangat Ganda

Biasanya, kantor-kantor menyediakan coffee maker yang memiliki teko lebih dari satu. Jika Anda hendak membeli coffee maker semacam itu, carilah yang memiliki fitur penghangat ganda, sehingga masing-masing teko terjaga kehangatannya.

Filter Air

Inilah salah satu fitur terpopuler yang paling sering diburu pembeli coffee maker. Beberapa produk coffee maker termahal dilengkapi dengan filter air. Fitur berguna untuk membantu mengekstrak cita rasa terbaik dari kopi yang diseduh.

Penguap

Jika Anda menyukai secangkir kopi yang berbusa, fitur penguap membantu Anda menguapkan susu ke dalam kopi. Fitur tersebut dimiliki oleh espresso maker. Namun, jika Anda lebih menyukai kopi hitam, Anda tidak membutuhkan fitur penguap.

Merk Populer

Good House Keeping merekomendasikan beberapa coffee brewer terbaik setelah melakukan uji coba terhadap 51 coffee brewer. Bunn Phase Brew-8 Cup adalah yang terbaik untuk kategori ‘state-of-the-art’. Produk tersebut unggul dalam memanaskan air hingga mencapai temperatur ideal sebelum jatuh ke dasar teko.

Cuisinart Burr Grind & Brew menyandang peringkat terbaik untuk kategori ‘multitasker’. Mesin tersebut dilengkapi dengan berbagai fitur ekstra terbaik, salah satunya adalah alat penggiling kopi.

Kenmore 12-Cup Drip dipilih untuk kategori ‘budget buy’. Meskipun harganya sangat terjangkau, kualitasnya patut diacungi jempol.

Coffee maker terbaik pilihan penguji dari Good House Keeping adalah Krups. Menurut penguji, Krups menghasilkan kopi paling sedap dibandingkan coffee maker lainnya. Bahkan, kopi yang tersimpan dalam mesin masih tetap hangat hingga empat jam kemudian.

Demikianlah langkah-langkah dalam memilih coffee maker. Segera temukan coffee maker terbaik untuk Anda dan nikmati secangkir kopi terenak setiap pagi.

0 Comments

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

©2017 PilihMana.ID - Review & Harga Produk Terbaru

Log in with your credentials

Forgot your details?