Panduan Memilih Kompor Listrik

Kompor listrik menjadi alternatif bagi Anda yang tidak ingin repot dengan urusan gas atau minyak tanah. Dengan menggunakan kompor jenis ini, Anda tidak perlu lagi menggunakan api karena kompor menghasilkan panas yang akan ditransfer langsung ke alat masak. Daya yang dihasilkan oleh kompor ini juga sangat besar sehingga makanan misa masak dalam waktu yang singkat.

Memilih kompor listrik sebagai salah satu alat wajib di dapur anda adalah pilihan yang tepat. Tapi sebelum membeli kompor jenis ini, ada banyak hal yang perlu dipertimbangkan. Dari jenis/tipenya, komponen, hingga panduan teknis bagaimana memilih kompor listrik yang bagus agar anda tidak salah beli. Bahkan sebelum memutuskan untuk menggunakan kompor jenis ini, anda bisa mempertimbangkan terlebih dahulu kompor apa yang cocok untuk anda. Tapi untuk saat ini, berikut beberapa hal yang harus anda pertimbangkan saat memilih kompor listrik.

Jenis Kompor Listrik

Electric Smoothtop

Kompor listrik dengan jenis eletronic smoothtop memiliki permukaan yang cukup rata dan biasanya terbuat dari keramik. Di bawah keramik tersebut terdapat beberapa elemen yang akan digunakan sebagai pemanas. Saat kompor sudah tersambung dengan listrik, pemanas akan bekerja dengan maksimal. Keramik yang kuat terhadap panas akan menyalurkan energi ke alat masak sehingga bahan yang dimasak bisa matang dengan sempurna.

Kompor listrik dengan permukaan keramik atau kadang kaca ini mudah sekali dibersihkan. Anda tidak akan menemui jelaga atau bekas hitam pada permukaan dan sisi-sisinya. Semua panas disalurkan tanpa api sehingga tidak ada benda yang terbakar. Terakhir, kompor dengan energi listrik jenis ini bisa diatur suhunya. Biasanya di bagian bawah kompor terdapat panel-panel digital yang menampilkan suhu pada permukaan keramik.

Electric Coil

Meski sama-sama menggunakan energi listrik, kompor jenis ini sedikit berbeda dengan jenis pertama. Tidak ada permukaan rata yang terbuat dari keramik atau kaca. Yang akan Anda dapatkan adalah bulatan dari logam yang akan dijadikan sebagai tatakan atau tungku. Di atas tatakan inilah alat masak diletakkan dan panas bisa segera mengalir ketika kompor mulai tersambung dengan arus listrik.

Perbedaan selanjutnya antara kompor jenis ini dan sebelumnya adalah susahnya pengaturan suhu. Pelat logam yang akhirnya memanas tidak akan bisa diturunkan atau dinaikkan suhunya secara instan. Oh ya, barangkali kelebihan electric coil dari jenis electric smoothtop adalah harganya yang lebih murah. Terlepas dari kekurangannya, kompor ini tetaplah berfungsi dengan baik ketika digunakan untuk memasak.

Komponen

Area Memasak

Anda bisa membeli kompor listrik dengan satu tungku atau area memasak saja. Biasanya kompor energi listrik jenis ini menggunakan piringan besi melingkar untuk pemanasnya. Kalau Anda ingin area masak yang lebih banyak, belilah kompor listrik dari jenis electric smoothtop. Kompor jenis ini biasanya memiliki banyak zona masak. Di permukaan yang terbuat dari keramik terdapat lingkaran-lingkaran yang bisa digunakan untuk memasak. Semakin banyak zona masak yang ada, Anda jadi lebih cepat dalam mengolah banyak bahan dalam sekali waktu.

Layar Kontrol

Kompor listrik jenis modern tidak lagi menggunakan knop untuk memulai memanaskan tungku. Segala hal yang ada pada kompor diatur pada sebuah layar kontrol yang lengkap. Biasanya setiap layar kontrol berisi pengaturan suhu pada setiap tungku. Anda bisa menyesuaikan tungku mana saja yang harus bersuhu tinggi dan mana saja yang bisa diturunkan. Kontrol ini akan memudahkan Anda dalam memantau secara manual atau dengan timer agar masakan tidak terlalu matang.

Pendeteksi Ukuran Panci

Salah satu kelebihan dari kompor jenis ini yang bisa Anda pertimbangkan adalah adanya pendeteksi ukuran panci. Kompor akan mengetahui ukuran dari panci atau wajan yang digunakan untuk memasak. Panas yang ada pada keramik akan langsung disalurkan ke permukaan alat masak dengan sempurna. Energi yang keluar dari kompor akan dimaksimalkan agar lebih hemat energi.

Pengunci untuk Anak-Anak

Disadari atau pun tidak, anak-anak suka sekali bermain di dapur. Agar mereka tidak asal main dengan kompor, Anda bisa menguncinya. Saat kompor dikunci, permukaan dari kompor tidak akan bisa digunakan. Tidak akan ada kenaikan suhu yang membahayakan anak yang bermain-main di sekitarnya. Saat kompor akan digunakan, Anda bisa membuka kunci itu sehingga panas bisa muncul dan digunakan untuk memasak.

Tambahan Panduan Teknis Memilih Kompor listrik

Ukuran dari Kompor

Jangan langsung membeli kompor tanpa melihat terlebih dahulu ukuran dari dapur yang Anda miliki. Jika ukurannya tidak terlalu luas, Anda bisa membeli kompor listrik dengan satu zona masak atau dua zona masak yang saling berdekatan. Kalau dapur Anda cukup luas, belilah kompor yang permukaannya berjenis keramik. Dengan kompor jenis ini, Anda bisa memasak banyak hal dalam sekali waktu. Bagi yang tidak memiliki banyak waktu di dapur karena kesibukan, kompor jenis ini sangat direkomendasikan.

Daya

Daya dari kompor yang menggunakan listrik akan memengaruhi kemampuan dari kompor tersebut secara signifikan. Kompor listrik biasanya memiliki daya yang cukup besar. Jika daya di rumah Anda tidak banyak, pilihlah kompor listrik dengan daya rendah. Jangan sesekali membeli kompor atau perangkat apapun lainnya yang membuat listrik di rumah Anda sering down dan mengganggu kerja alat eletronik lainnya.

Harga

Harga kompor listrik saat ini masih cukup mahal. Kompor jenis ini memiliki harga yang cukup mahal jika dibandingkan kompor jenis gas dan juga minyak tanah. Anda bisa menyesuaikan dengan anggaran yang ada. Jika anggaran yang Anda sediakan cukup besar, maka jangan segan untuk membeli jenis electric smoothtop yang permukaannya terbuat dari keramik. Dengan kompor itu, pekerjaan di dapur bisa berjalan dengan lancar tanpa harus dipusingkan dengan masalah gas dan kebakaran.

Awet

Keawetan dari kompor model ini biasanya berhubungan dengan merek yang dijual di pasaran. Beberapa merek yang ada menawarkan harga murah tapi tidak ada garansi kerusakan. Anda jangan memilih jenis ini. Lebih baik memilih merek terbaik dengan harga lebih mahal tapi kompor listriknya awet.

Terimakasih, semoga artikel ini bisa menjadi referensi yang bermanfaat untuk anda menentukan pilihan.

0 Comments

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

©2017 PilihMana.ID - Review & Harga Produk Terbaru

Log in with your credentials

Forgot your details?