Panduan Memilih Kompor Induksi

Kompor induksi mulai dipilih oleh banyak orang karena mudah digunakan dan juga aman. Selain itu, kompor ini juga tidak memerlukan bahan bakar seperti minyak tanah atau gas. Selama ada listrik, kompor induksi bisa digunakan dengan baik tanpa menimbulkan api, asap, dan juga jelaga. Kalau Anda ingin membeli kompor induksi yang baik dan terjamin kualitasnya, perhatikan panduannya di bawah ini.

Jenis Kompor induksi

Built-in Stovetops

Kompor induksi yang ada di pasaran biasanya berjenis built-in atau menjadi satu dengan meja masak. Biasanya kompor jenis ini terbuat dari bahan keramik yang sangat keras dan berwarna hitam. Kompor jenis ini biasanya dijual satu set dengan perlengkapan dapur lain sehingga Anda akan susah membelinya dalam bentuk satuan.

Kompor jenis ini mudah sekali digunakan oleh anggota keluarga. Bahkan Anak-anak bisa menggunakannya dengan baik tanpa ada risiko kecelakaan. Banyaknya tungku yang akan memanaskan makanan juga bisa dipilih sesuai dengan lebarnya dapur. Biasanya kompor jenis ini memiliki hingga 5 tungku dengan besar yang bervariasi.

Freestanding Slide-in Ranges

Freestanding slide-in ranges adalah jenis kompor yang memiliki fitur cukup lengkap. Biasanya di bawah kompor ini terdapat ruangan untuk memanggang. Di kiri dan kanan dari kompor ini terdapat juga aksesori yang akan memudahkan Anda dalam memasak.

Anda bisa memilih kompor induksi jenis ini jika ingin peralatan yang lengkap dalam satu tempat. Anda tidak perlu membeli oven atau perlengkapan lain yang menjadi satu dengan kompor. Oh ya, kompor jenis freestanding slide-in range ini biasanya memiliki banyak fitur mulai dari multi-level power, timer, pendeteksi ukuran panci, pendeteksi kelebihan panas hingga pengunci panas agar aman dari jangkauan anak-anak.

Portable Unit

Portable unit adalah jenis yang banyak digunakan oleh masyarakat. Kompor induksi jenis ini biasanya terdiri dari beberapa jenis, mulai dari tungku tunggal hingga tungku ganda. Kelebihan dari kompor induksi jenis ini jika dibandingkan dengan yang lain adalah mudahnya dipindahkan dari satu tempat ke tempat yang lain dalam waktu yang singkat. Selama ada aliran listrik, kompor induksi ini bisa digunakan dengan baik.

Sebelum membeli kompor induksi jenis ini, Anda disarankan untuk mengecek beberapa fitur yang ada. Yang paling penting dari semuanya adalah adanya pendeteksi panci, penyimpan suhu, sensor keamanan, panas yang bertingkat, dan timer. Jika sudah memiliki komponen ini, Anda bisa segera membeli dan membawanya pulang.

Komponen

Pendeteksi Panci

Kompor induksi yang baik biasanya memiliki alat untuk pendeteksi panci. Pendeteksi ini akan memperlihatkan apakah panci bisa digunakan atau tidak. Ada indikator yang muncul jika panci bisa digunakan sehingga pemanas agan segera bekerja. Selain pendeteksi panci, alat ini juga bisa menyesuaikan dengan ukuran bawah dari panci. Panas yang disalurkan akan tepat sasaran sehingga Anda bisa menghemat pemakaian listrik.

Manajemen Tenaga

Kompor induksi harus memiliki manajemen tenaga. Maksud dari manajemen tenaga adalah pembagian energi panas dari satu tungku ke tungku yang lain. Anda bisa menyalurkan panas lebih banyak ke salah satu tungku dan mengurangi suhu di tungku yang lain. Pengurangan energi ini biasanya terjadi secara otomatis untuk memaksimalkan proses memasak di salah satu tungku.

Mati Otomatis

Kompor induksi yang baik biasanya memiliki fitur mati secara otomatis. Saat tidak ada panci yang menempel di atas tungku, alat yang ada dalam kompor akan mati secara otomatis. Fitur ini akan memudahkan pengguna yang suka lupa mamatikan kompor sehingga akan sangat berbahaya jika tersentuh oleh tangan.

Peningkat Panas Otomatis

Selain mati secara otomatis, fitur kenaikan suhu secara otomatis juga sebaiknya harus ada. Semakin banyak bahan yang dimasak di dalam panci, suhu akan meningkat secara otomatis untuk memaksimalkan waktu kematangan. Kalau Anda takut apa yang dimasak jadi gosong, suhu bisa disesuaikan lagi atau dikunci agar tidak bisa naik atau pun turun dengan sendirinya.

Child Lock / Pengunci untuk Anak-anak

Pengunci untuk anak-anak sangat berguna untuk menghindari kecelakaan. Anak-anak biasanya suka bermain dan tidak tahu fungsi dari tombol yang ada pada perangkat-perangkat elektronik dan rumah tangga lainnya. Untuk mencegah kejadian yang tidak diinginkan, kompor induksi memiliki fitur yang akan mematikan segala proses pemanasan jika dikunci setelah digunakan.

Pertimbangan Teknis

Ukuran

Seperti yang telah dijelaskan di atas tentang jenis kompor induksi, Anda bisa memilihnya sesuai kebutuhan. Namun sesuaikan dahulu dengan ruangan yang akan digunakan untuk memasak. Jika dapur yang Anda gunakan cukup lebar dan mampu menampung banyak peralatan, pilihlah kompor jenis freestanding slide-in range atau built in stovetop. Kompor induksi jenis ini akan memberikan kenyamanan penggunaan dan fiturnya sangat lengkap. Sesuaikan ruangan di dapur Anda agar kompor yang dibeli bisa berguna secara maksimal.

Harga Kompor Induksi

Harga kompor induksi untuk jenis portable jauh lebih murah dibandingkan jenis lainnya. Meski demikian, fitur yang dimiliki oleh jenis portable sangatlah terbatas. Anda bisa menyesuaikan harga dengan kebutuhan. Apakah kompor anda nantinya digunakan untuk banyak hal atau sekadar memasak standar saja. Jika hanya untuk memasak hal biasa, jenis portable bisa dipilih. Namun kalau butuh fitur khusus, jenis built-in stovetop bisa jadi alternatif terbaik.

Merek / Brand

Merek kompor induksi yang dijual di pasaran cukup banyak mulai dari lokal hingga impor. Tugas Anda adalah memilih mana yang terbaik. Anda bisa melihat dari ulasan pemakai dan juga banyaknya pemakai. Pilihlah yang terbaik untuk dipasang pada rumah Anda.

Demikian panduan tentang kompor induksi yang bisa Anda ikuti. Semoga bisa memberikan pencerahan sebelum Anda memutuskan membeli perlengkapan dapur tersebut.

0 Comments

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

©2017 PilihMana.ID - Review & Harga Produk Terbaru

Log in with your credentials

Forgot your details?